IndeksPencarianPendaftaranLogin
Share | 
 

 KUH Perdata Hak Ahli Waris

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
javaindoland
Presiden


Jumlah posting: 92
Reputasi: 0
Join date: 12.02.10

PostSubyek: KUH Perdata Hak Ahli Waris   Fri 26 Feb 2010 - 15:18

• Pengertian dan Undang Undang Tentang Hak Ahli Waris
Pasal 832 KUHPerdata menyatakan :

"Menurut undang-undang, yang berhak menjadi ahli waris ialah keluarga sedarah, baik yang sah menurut undang-undang maupun yang di luar perkawinan, dan suami atau isteri yang hidup terlama".

Berdasarkan ketentuan pasal 832 KUHPerdata, jelas dan tegas, secara hukum, meskipun perkawinan orang tua anda tidak tercatat dan dianggap sebagai Perkawinan yang sah, Anda berserta saudara-saudara yang lain (anak almarhum) adalah ahli waris dari almarhum.

Bagaimana dengan bentuk perkawinannya orang tua (ibu dan bapak) yang tidak memiliki akta nikah Tetapi ada kartu keluarganya ?

Pasal 2 UU No. 1 Tahun 1974 tentang perkawinan menyatakan :

(1) Perkawinan adalah sah, apabila dilakukan menurut hukum masing-masing agamanya dan kepercayaannya itu.

(2) Tiap-tiap perkawinan dicatat menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Artinya, meskipun perkawinan itu tidak tercatatkan, tidak berarti menjadi halangan bagi Ibu Anda dapat bertindak sebagai ahli waris.

Perkawinan ibu dan almarhum Ayah Anda tetap sah secara agama namun tidak sah secara hukum (pemerintah) karena tidak tercatat. Dalam hal ini, tetap Ibu atau anda selaku anak bisa mencatatkan perkawinannya tersebut kepada lembaga pencatatan perkawinan dengan terlebih dahulu meminta penetapan pencatatan perkawinan dari Pengadilan Negeri/ Agama (dalam hukum islam, dikenal dengan istilah "itsbat" diatur dalam pasal 7 Kompilasi Hukum Islam)

Pasal 833 KUHPerdata menyatakan :

"Para ahli waris, dengan sendirinya karena hukum, mendapat hak milik atas semua barang, semua hak dan semua piutang orang yang meninggal".

Berdasarkan ketentuan Pasal 833 KUHPerdata di atas, untuk memindahkan hak kepemilikan dari almarhum kepada ahli warisnya, para ahli waris terlebih dahulu harus membuktikan secara hukum bahwasanya memang sebagai ahli waris yang sah dari almarhum. Mengingat, almarhum tidak meninggalkan surat waris atau wasiat waris maka Untuk itu harus ada terlebih dahulu penetapan pengadilan negeri/ agama sebagai ahli waris. Dalam hal ini, anda dan para segenap ahli waris yang ada dapat mengajukan permohonan/ fatwa waris kepada Pengadilan Negeri/ agama.

Kelak dengan adanya penetapan/ fatwa waris tersebut, anda dan para segenap ahli waris dapat melakukan peralihan hak kepemilikan didepan notaris/ ppat.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://javaindoland.forumakers.com
Alfredo
Rakyat


Jumlah posting: 80
Reputasi: 6
Join date: 12.02.10

PostSubyek: Re: KUH Perdata Hak Ahli Waris   Fri 26 Feb 2010 - 21:32

waaah makasih nih makasih pres.. udah di share
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Juikido
Rakyat


Jumlah posting: 79
Reputasi: 4
Join date: 12.02.10
Age: 20
Lokasi: Bandung

PostSubyek: Re: KUH Perdata Hak Ahli Waris   Sat 27 Feb 2010 - 1:20

pas banget nih. perlu banget memang
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Flowflow
Rakyat


Jumlah posting: 91
Reputasi: 1
Join date: 12.02.10
Age: 26

PostSubyek: Re: KUH Perdata Hak Ahli Waris   Sat 27 Feb 2010 - 1:38

lengkap nih kayaknya.. hehe kalau di perhatiin sih
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Gerald
Rakyat


Jumlah posting: 70
Reputasi: 0
Join date: 12.02.10
Age: 29
Lokasi: Yogyakarta

PostSubyek: Re: KUH Perdata Hak Ahli Waris   Sat 27 Feb 2010 - 1:39

wehehehehe terima kasih. banyak yang butuh nih artikel seperti ini. biasanya beli pdf nya
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Mischa
Pendatang


Jumlah posting: 12
Reputasi: 0
Join date: 12.02.10
Age: 25
Lokasi: Netherland

PostSubyek: Re: KUH Perdata Hak Ahli Waris   Sat 27 Feb 2010 - 1:46

rata rata gitu sih. kan banyak juga website yang menyediakan pdf tulisannya free tapi ujung ujung nya duit.. hihihi UUD
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Flowflow
Rakyat


Jumlah posting: 91
Reputasi: 1
Join date: 12.02.10
Age: 26

PostSubyek: Re: KUH Perdata Hak Ahli Waris   Sat 27 Feb 2010 - 5:31

bener tuh kemarin aku juga beli script tugas dalam versi Pdf.. dunia gak ada yang gratis
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
yukaa
Tamu



PostSubyek: re-KUH Perdata Hak Ahli Waris   Thu 15 Jul 2010 - 10:34


Bagus banget postingannya..
saya mo tanya: klo Pemilik warisan meninggal tanpa ada surat wasiat dan mempunyai 2 orang anak perempuan saja yang sudah menikah, apakah boleh salah satu dari mereka menjadi ahli waris klo kejadiannya di Bali ( Hindu) yang slalu lebih mengutamakan keturunan laki-laki atau menganut garis keturunan Patrilineal???
Terima kasih...
Kembali Ke Atas Go down
linda
Tamu



PostSubyek: Pembagian hak warisan yang tidak adil   Tue 31 Aug 2010 - 9:45

Yth Bapak Pengelola web

Mohon penjelsan kalau hak waris tidak di wariskan secara adil untuks emua anak ,,dan tertulis dalam surat yang belum sempat ditanda tangani oleh ayaha kami ,namun ayah kami meninggal.. atu surat wassit itu belum tuntas.
Kemudian semua waris itu tidak merata . ada yg nilainya . 3 M.. yang lain ada yg cuma 300 juta....ada yg sama sekali tidak jelas, atau tanhahnya sudah diambil orang...

Nahk kakak tertua yg dapatpaling banyak gak mau membagi rata dan adil..hanua mau unutk sendiri...

Trus kesepakanatan lisan , bahwa kalau tanah yg seharga 3 M itu , laku maka akan ada rapat keluarga kembli, untuk membicarakan pemrataan.. namun kakak kami menolak rapat kembali,, kaerana tanah sudah dijual diam2....dan uang sudah dideposito... nahpertanyaannya bisakah kami menggugat ...karena kami 6 bersaudara , satuorang belum tandantanga,, dan tak ada surat pernyataan setuju , dr adik kami yg belum td tangan.........tks Banyak atas jawabannya ....

Kembali Ke Atas Go down
 

KUH Perdata Hak Ahli Waris

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

 Similar topics

-
» Arti Cinta
» Pisikopat & MP
» JAKET NDI : SEASON V
» Apakah Zodiak Anda Berubah ?
» Minta saranya dong teman2

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 :: -